Mark Zuckerberg Mengatakan Kepada Lulusan Harvard Untuk Memeluk Globalisme

Oleh: James Doubek
26 Mei 2017
Sumber: NPR

Mahasiswa Harvard yang putus kuliah, Mark Zuckerberg, kembali ke universitas tersebut Kamis kemarin untuk memberikan pidato pembukaan kepada para lulusan, yang diisi dengan seruan untuk membangun dunia terhubung “di mana setiap orang punya rasa tujuan.”

Video
Harvard University via YouTube

Dalam pidato luas yang menyinggung perubahan iklim, amal, kegiatan sukarela, pendidikan, dan pendapatan pokok universal, sang miliarder CEO Facebook menggaungkan globalisme dan menyebut perang terhadap otoritarianisme dan nasionalisme sebagai “perjuangan zaman kita.”

Pidato tersebut adalah kebalikan tema dari banyak pidato Presiden Trump, di mana sebagian orang menyebut Zuckerberg “memposisikan diri sebagai anti-Trump”.

Beberapa laporan berspekulasi bahwa Zuckerberg boleh jadi sedang merenung untuk nyapres, meski dia menyangkal berminat.

Zuckerberg, 33 tahun, menyebut dirinya anggota generasi “milenial” yang sama seperti halnya para lulusan Harvard. Dia bicara tentang menciptakan “proyek yang bermakna besar” dan mengejar ide-ide, dan berkata bahwa tidak ada hal semacam “momen eureka” tentang inspirasi.

Zuckerberg menyeru para lulusan untuk membantu dalam “menghentikan perubahan iklim sebelum kita menghancurkan planet ini dan dalam mengajak jutaan orang terlibat pembuatan dan pemasangan panel surya.” Dia mengangkat kemungkinan pengobatan penyakit-penyakit, pengetahuan lebih banyak tentang genom manusia, personalisasi pendidikan, dan pemungutan suara secara daring.

“Kita bisa perbaiki ini,” kata dia.

Tema lain mencakup ketidakmerataan kekayaan: “Ada sesuatu yang keliru dengan sistem kita ketika saya bisa keluar dari sini dan meraup miliaran dolar dalam 10 tahun sementara jutaan siswa bahkan tidak sanggup melunasi pinjaman mereka, apalagi memulai bisnis,” ujar dia.

Zuckerberg dan istrinya, Priscilla Chan, telah berjanji untuk mendermakan 99 persen saham mereka di Facebook sepanjang perjalanan hidup mereka. Di akhir 2015, ketika mereka membuat janji tersebut, sahamnya bernilai sekitar 45 miliar dolar.

Dia berkata bahwa orang-orang harus “menjelajahi ide-ide seperti pendapatan pokok universal untuk memastikan setiap orang punya bantalan untuk mencoba ide baru.”

Ide ini sedang mendapat perhatian seiring kian banyak pekerjaan diotomatisasi dan para ekonom cemas tentang masa depan dengan banyaknya pekerja menganggur. Zuckerberg hanya satu dari banyak orang dalam industri teknologi yang melayangkan ide soal membayar semua orang dengan pendapatan pokok dari pemerintah, tanpa menghiraukan apakah seseorang bekerja atau tidak.

Kontras dengan suguhan retorika nasionalis belakangan ini, Zuckerberg bicara tentang bagaimana kaum milenial mengidentifikasi diri sebagai “warga dunia” yang “tumbuh terhubung”.

“Ini perjuangan zaman kita,” lanjutnya. “Kekuatan kebebasan, keterbukaan, dan masyarakat global melawan kekuatan otoritarianisme, isolasianisme, dan nasionalisme. Kekuatan pendukung arus pengetahuan, perdagangan, dan imigrasi melawan orang-orang yang akan memperlambatnya.”

Zuckerberg bicara tentang membangun komunitas, dan mencap upayanya memperluas Facebook sebagai “menghubungkan satu komunitas pada satu waktu, dan terus melakukannya sampai suatu hari nanti kita menghubungkan seluruh dunia.”

Itulah satu cara bajik untuk menggambarkan master plan Facebook.

Zuckerberg meluncurkan Facebook dari asrama Harvard-nya pada 2004, sebelum putus kuliah untuk menjalankan situsnya. Dia berkelakar, “Jika saya bisa menyelesaikan pidato hari ini, ini akan jadi pertama kalinya saya benar-benar menamatkan sesuatu di Harvard sini.” Universitas memberinya gelar kehormatan pada hari Kamis, memperkenalkannya sebagai “Dr. Mark Zuckerberg”.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.